SIMULASI ANBK 2021

Suasana hening terasa di satu ruangan pada SMPN 1 Besuki, Kec. Besuki Kabupaten Situbondo pada hari senin 15 November 2021 Pasalnya sejak tiga hari lalu, SMP tersebut mengadakan simulasi UNBK 2021 untuk para siswa SDN 2 Demung

Sejumlah siswa di dalam ruangan nampak serius menghadapi komputer di depan mereka. Sebagaimana diketahui, UNBK merupakan sistem terbaru pelaksanaan ujian nasional yang diterapkan sejak beberapa tahun terakhir.

Siswa SDN 2 Demung, Nur Azizah merasa masih gugup akan simulasi tersebut. Meski sifatnya hanya pelatihan, berada di depan komputer untuk menjawab soal contoh UNBK membuatnya merasa belum terbiasa.

SDN 2 Demung, Halimatus Sakdiah menerangkan, simulasi tersebut perdana dilakukan sekolahnya. Bahkan pelaksanaan UNBK di sekolahnya pun baru pertama kali dilakukan menumpang. 

"Simulasi ini diadakan untuk membiasakan siswa dalam melaksanakan UNBK nantinya. Sehingga mereka terbiasa menggunakan perangkat komputer," ucap Haliamtus Sakdiah.

Lantas, perihal pelaksanaan UNBK nantinya, ia pun berharap kendala yang tidak diinginkan tidak terjadi. Terlebih upaya Disdik juga telah dilakukan untuk meminimalisir adanya kendala tekhnis sebagaimana padam listrik dan kondisi jaringan internet.

Namun sebutnya pihak sekolah dengan Disdik Kabupaten Situbondo serta PLN dan penyedia layanan internet juga telah melakukan koordinasi.

"Semoga saja nanti ketika pelaksanaan tidak ada hujan, angin deras, dan petir," harap Perempuan itu.