KTS 2023/2024

Pada hari Minggu tanggal 09 Maret 2024

Kegiatan Tengah Semester (KTS) merupakan kegiatan di luar sekolah yang bertujuan memberikan suasana baru bagi siswa agar tidak hanya belajar di dalam ruang kelas saja, melainkan siswa juga dapat bermain dan belajar di luar kelas. Dengan adanya KTS ini, diharapkan kejenuhan siswa dapat menghilang dan siswa dapat men-charge semangat baru untuk memulai rutinitas belajar seperti biasanya.

Kegiatan Tengah Semester (KTS) dan Penilian di sekolah ibarat dua sisi mata uang: keduanya harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. KTS bukanlah ulangan tengah semester atau ulangan mid semester. Meskipun secara umum ada kesamaan, kedua kegiatan tersebut beda bentuk pelaksanaannya. Kesamaan yang dimaksud antara lain, dilaksanakan sekolah oleh para guru dengan melibatkan siswa. Sedang perbedaannya, antara lain terletak pada tujuan dan fungsi. Mengenai tujuan dan fungsi selanjutnya diuraikan di bawah.

Satu semester lamanya 6 (enam) bulan, sehingga satu tahun pelajaran terdapat dua semester. Maka, tengah semester berarti lamanya 3 (tiga) bulan. Tengah semeseter, dapat diartikan penggalan paruh waktu yang ada pada semester 1 dan semester 2.

Apa kegiatan yang harus dilakukan sekolah pada KTS? Sebagian sekolah ada yang memahami, KTS adalah menyelenggarakan “ulangan tengah semester” atau istilah yang sudah akrab “ulangan mid semester”. Ulangan tengah semester adalah hal yang berbeda dengan KTS karena memiliki maksud dan tujuan yang tidak sama. Secara umum, ulangan bertujuan mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran dan untuk memberi umpan balik bagi guru. Sedangkan KTS, arah dan tujuannya sebagaimana yang ditentukan oleh Mendiknas.

Dalam kegiatan KTS ini, SDN 2 Demung Kecamatan Besuki menyelenggarakan kegiatan Wisata ke Pantai Cemara Desa Demung bersama Siswa kelas 1-6 beserta Bapak dan Ibu Guru PNS dan GTT