KEGIATAN PONDOK RAMADHAN

Pondok Ramadhan Merupakan kegiatan yang diselenggarakan pada waktu bulan puasa yang berisi dengan berbagai bentuk kegiatan keagamaan seperti, Sholat Dhuha berjama’ah, tadarus Al Qur’an, Sholat Dhuhur berjama’ah, kajian / pendalaman Agama dan lain sebagainya.

Kegiatan Pondok Ramadhan di SDN 2 DEMUNG dilaksanakan pada hari Jum'at 8 April 2022 pukul 07.30 WIB s.d. selesai dan diikuti oleh siswa kelas IV s/d kelas VI bertempat di SDN 2 Demung bagi siswa Siswa, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pada waktu malam hari kegiatan masih dilanjut dengan sholat Tarawih bersama yang diikuti oleh semua guru dan siswa kelas 4 s.d 6. Para siswa  membawa sendiri takjil tersebut kemudian membagikan takjil kepada masyarakat di sekitar sekolah, tujuannya  agar di bulan Romadhon kita memiliki kepekaan sosial  terhadap lingkungan sekitar. Dengan cara ini akan membekas pada diri siswa bahwa berbagi tidak harus saling mengenal.

“Saya merasa senang diajak Bapak/Ibu Guru untuk membagi Takjil di lingkungan sekitar” kata Rendi salah seorang siswa SDN 2 Demung sesaat usai membagi di jalan.

Beberapa murid lain saat ditanya, mereka rata-rata menyampaikan pendapat, “Saat membagi dan membawa takjil, saya merasa ada yang kurang pada diri saya. Apalagi ini untuk pertama kalinya, Ibu Kepala Sekolah mengajak kami untuk berbagi di lingkungan sekitar tanpa mengenal siapa yang kami beri.

Kegiatan apapun yang kita lakukan di dunia pendidikan harus dapat membawa perubahan perilaku dan pola pikir. Tidak hanya pengetahuan, tapi praktik nyata dalam kehidupan walau hanya diberikan sekali akan berdampak pada masa depannya. Mari kita ajarkan hal-hal kecil yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. ( Ujar Plt. SDN 2 Demung )