Pelaksanaan ANBK 2021

SDN 2 Demung merupakan satuan pendidikan berstatus Menumpang untuk melaksanakan ANBK. Simulasi ANBK periode 1 SD Strada Kampung Sawah dilaksanakan pada hari ini, Rabu dan Kamis 17, 18 November 2021. Pelaksanaan simulasi ANBK dibagi menjadi  2 sesi, setiap sesi masing-masing terdiri dari 15 peserta. Peserta ANBK sendiri adalah siswa kelas V SDN 2 Demung yang dipilih secara random melalui sistem dapodik. Pelaksanaan simulasi ANBK berlangsung di Laboratotium Komputer SMP 3 Besuki.

Peserta ANBK hadir di sekolah pada pukul 07.30. Ketika peserta sesi pertama melaksanakan simulasi, peserta sesi kedua mengikuti pendalaman materi sambil menunggu waktu sesi pertama selesai. Moda pelaksanaan simulasi ANBK dilakukan secara semi online dan SDN memilih  jadwal Pelaksanaan periode1 Rabu dan Kamis 17, 18 November 2021. Pelaksanaan periode pertama dapat berjalan dengan lancar meskipun terdapat kendala internal yakni kabel yang terhubung ke server mengalami ganguan, tetapi segalanya dapat teratasi dengan baik sehingga peserta simulasi tetap dapat mengerjakan hingga waktu yang sudah ditentukan.

Bapak Wahyu sebagai proktor di dampingi bapak-ibu guru lainnya mendampingi pelaksanaan simulasi ANBK. Sebelum login dan mengisi data, anak-anak mendapatkan kartu ujian yang berisi data siswa, user dan pasword yang akan digunakan untuk mengisi data pada tampilan exambrowser. Komputer proktor yang digunakan sebagai server hari ini berjalan dengan lancar, anak-anak mengerjakan 30 soal literasi dan numerasi hingga tuntas.

Hasil akhir pekerjaan anak-anak pada hari ini, sudah di dowlaod dan disimpan untuk pembelajaran dan evaluasi berikutnya.

Ini merupakan pengalaman pertama bagi siswa-siswi kelas V SDN 2 Demung dalam mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Semoga dengan dilaksanakannya asesmen ini dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Strada Kampung Sawah.

Sekian.salam sehat .